Nah bagi sobat yang belum mengetahui sistem dan prinsip kerja dari sebuah mesin otomotif, berikut akan saya bagikan sedikit pengetahuan mengenai Prinsip Dasar Motor Bakar.
Motor bakar dalam dunia otomotif dibagi ke dalam dua jenis yaitu motor bakar Mesin Bensin dan Mesin Diesel.
Berdasarkan jenis pembakarannya dapat dikelompokkan ke dalam 2 jenis yaitu pembakaran dalam dan pembakaran luar.
Untuk mesin yang bersikluskan pembakaran dalam, berikut saya jelaskan satu persatu untuk study kasus berikut adalah Prinsip Dasar Motor Bakar 4 Langkah.
Prinsip Dasar Motor Bakar
Langkah Hisap
![]() |
| Mesin Pembakaran Dalam |
Dalam foto diatas ditunjukkan sebuah mesin pembakaran dalam ( internal combustion chamber ), untuk yang berwarna biru adalah campuran udara dan bahan bakar yang nantinya akan dibakar oleh busi (sumber tenaga). Pada atas piston terdapat katup, ini disebut dengan katup intake valve dimana terjadinya langkah hisap dilakukan oleh katup intake, kondisi ini posisi piston pada pergerakan dari TMA ( titik mati atas ), menuju ke TMB ( Titik Mati Bawah ). Terbukanya katup intake menyebabkan campuran udara dan bahan bakar ikut masuk keruang bakar, nah setelah ini terjadilah langkah Kompresi.
Langkah kompresi
adalah langkah dimana campuran udara dan bahan bakar dimampatkan oleh pergerakan piston dari TMB ke TMA setelah langkah hisap dan termpatkan diruang bakar, hal ini mengakibatkan tekanan menjadi lebih besar (udara dan bahan bakar menjadi satu dan terkompresi). Posisi ke dua katup tertutup penuh (intake Valve dan Exhaust Valve)
Langkah Usaha
Langkah Buang
Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat :)
