Prinsip Dasar Motor Bakar

 Nah bagi sobat yang belum mengetahui sistem dan prinsip kerja dari sebuah mesin otomotif, berikut akan saya bagikan sedikit pengetahuan mengenai Prinsip Dasar Motor Bakar.
Motor bakar dalam dunia otomotif dibagi ke dalam dua jenis yaitu motor bakar Mesin Bensin dan Mesin Diesel. 
Berdasarkan jenis pembakarannya dapat dikelompokkan ke dalam 2 jenis yaitu pembakaran dalam dan pembakaran luar.
Untuk mesin yang bersikluskan pembakaran dalam, berikut saya jelaskan satu persatu untuk study kasus berikut adalah Prinsip Dasar Motor Bakar 4 Langkah.

Prinsip Dasar Motor Bakar

Mesin pembakaran dalam dapat kita rangkum secara singkat memiliki 4 siklus, dimana siklus pertama adalah Hisap - Kompresi - Usaha - Buang.
Siklus tersebut dimulai dengan

Langkah Hisap

apa itu langkah hisap ?. sebelumnya saya jelaskan dulu bagian bagian dari ruang bakar pada mesin pembakaran dalam.
Untuk bagian - bagian dari mesin pembakaran dalam itu sendiri ada :

a. Camshaft
b. Intake Valve
c. Exhaust Valve
d. Injector
e. Piston
f. Spark Plug
g. Ignition coil
h. Connecting rod
i. Crankshaft


Mesin Pembakaran Dalam

Dalam foto diatas ditunjukkan sebuah mesin pembakaran dalam ( internal combustion chamber ), untuk yang berwarna biru adalah campuran udara dan bahan bakar yang nantinya akan dibakar oleh busi (sumber tenaga). Pada atas piston terdapat katup, ini disebut dengan katup intake valve dimana terjadinya langkah hisap dilakukan oleh katup intake, kondisi ini posisi piston pada pergerakan dari TMA ( titik mati atas ), menuju ke TMB ( Titik Mati Bawah ). Terbukanya katup intake menyebabkan campuran udara dan bahan bakar ikut masuk keruang bakar, nah setelah ini terjadilah langkah Kompresi. 


Langkah kompresi 

adalah langkah dimana campuran udara dan bahan bakar dimampatkan oleh pergerakan piston dari TMB ke TMA setelah langkah hisap dan termpatkan diruang bakar, hal ini mengakibatkan tekanan menjadi lebih besar (udara dan bahan bakar menjadi satu dan terkompresi). Posisi ke dua katup tertutup penuh (intake Valve dan Exhaust Valve)

Langkah Usaha

Langkah usaha adalah langkah dimana busi memercikan bungan api dan terjadilah ledakan diruang bakar, hingga menyebakan piston bergerak ke posisi bawah dari posisi TMA ke TMB, posisi katub keduanya masih tertutup, hal ini menyebabkan pergerakan secara mekanikal yang diteruskan oleh crankshaf menuju ke flywheel.

Langkah Buang

Langkah ini adalah kelanjutan dari langkah usaha dimana posisi piston berada di TMB dan menuju ke TMA posisi katub exhaust membuka dan menyebabkan hasil gas pembakaran terdorong keluar ruang bakar.

Ke empat siklus ini terjadi terus menerus selama mesin masih dinyalakan, nah bagaimana dengan penjelasan singkat ini ?


Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat :)



Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form